Kamis, 18 Juni 2015

e-Learning; Metode Pembelajaran Teknlogi Komunikasi


Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi dapat memudahkan kita dalam melakukan berbagai macam hal. Salah satunya yaitu belajar tanpa melakukan tatap muka secara langsung dengan pengajar dan dilakukan dengan menggunakan akses internet yang sekarang ini banyak digunakan masyarakat. Aktivitas ini disebut dengan e-learning. Pada semester 4 ini, saya akhirnya dapat merasakan kemajuan jaman dengan adanya e-learning pada mata kuliah Teknologi Komunikasi yang diampu oleh Bapak Ali Rokhman. Metode pembelajaran yang dilakukan oleh beliau salah satunya yaitu e-learning, meskipun perkuliahan yang biasa dilakukan di dalam kelas juga tetap dilaksanakan.


Salah satu jenis e-learning yang digunakan yaitu menggunakan situs edmodo.com, dimana biasanya dosen mata kuliah teknologi komunikasi tersebut melakukan kuis maupun memberikan tugas melalui situs belajar tersebut. Pada situs tersebut beliau mengatakan bahwa telah dirancang agar mahasiswa tidak dapat mencontek jawaban satu sama lain, karena selain dapat menutup jawaban yang ditulis oleh teman kita edmodo juga dapat memberikan waktu pengisian kuis yang dilakukan secara online tersebut. Terdengar menarik bukan? Melihat perkembangan jaman yang berkembang sangat pesat, dimana mahasiswa tidak lagi menggukan kertas untuk menulis jawaban kuis melainkan hanya mengandalkan akses internet.
Situs lain yang digunakan untuk pembelajaran kali ini bukan hanya dari edmodo saja, beliau juga menggunakan facebook sebagai media sosial yang digunakan untuk memberikan informasi perkuliahan dan juga memberikan tugas melalui wall yang tersedia pada facebook. Selain menjadi media sosial, facebook ini menjadi sarana e-Learning yang cukup menarik juga, mengingat mahasiswa sekarang biasanya sangat aktif dalam menggunakan media sosial dikehidupan sehari-harinya.

Sebelumnya saya pernah melihat system perkuliahan e-learning, namun baru kali ini saya pernah merasakan menggunakan internet sebagai metode belajar. Meskipun terlihat menyenangkan dan simple, namun sayangnya kita harus rajin membuka situs tersebut untuk melihat info-info terbaru yang diberikan oleh dosen. Apabila kita tidak teliti, maka bisa saja kita melewatkan satu tugas yang diberikan oleh beliau. Internet yang saat ini menjadi hal yang sangat melekat dengan masyarakat terutama kalangan mahasiswa ini benar-benar memberi hal-hal baru dan juga mempermudah kita dalam melakukan pembelajaran jarak jauh tanpa bertemu dengan pengajarnya. 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© Take A Sip
Maira Gall